The Unique Information From Indonesian Farmer
 

USAHA BUDIDAYA ATAU TERNAK AYAM KAMPUNG

 

Apakah Yang Disebut Ayam Kampung Itu?

Ayam Kampung (Gallus Domesticus) adalah jenis ayam lokal yang dibudidayakan oleh masyarakat secara tradisional atau tidak dengan sistem yang baik. Kebanyakan masyarakat hanya memelihara ayam ini dengan memberikannya makan dan membersihkan kandangnya. Ayam kampung ini dibiarkan bebas berkeliaran dipekarangan rumah tanpa diawasi aktivitasnya. Kadang kala ayam ini juga memakan yang bukan pemberian dari pemeliharanya yang berasal dari alam sekitar pekarangan.

Ayam Kampung yang merupakan sebutan bagi ayam lokal Indonesia juga memiliki banyak jenisnya. Hal yang menyebabkan pembedaan penyebutan ayam lokal ini biasanya berdasarkan pada daerah hidup ayam, dan juga ciri fisik dari si ayam. Contohnya ayam kedu dari karesidenan kedu Jawa Tengah yang memiliki empat jenis berdasarkan warnanya yaitu: ayam kedu hitam, ayam kedu cemani, ayam kedu merah, ayam kedu putih), Ayam Nunukan dari kalimantan, Ayam Garu, Ayam Sumatera, Ayam pelung, Ayam Belenggek, Ayam Gaok dan masih banyak yang lainnya.


Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

​Ayam kampung begitu diminati oleh masyarakat karena keunggulan dari daging yang lebih kenyal dan tidak lembek dan tidak terdapat banyak lemak seperti ayam ras pedaging, dan dinilai lebih sehat karena pakannya yang alami. Telur dari ayam kampung juga memiliki nilai yang lebih mahal jika dibandingkan dengan telu ayam ras petelur, alasannya juga sama seperti tadi, yaitu pakannya yang masih alami.

Permintaan terhadap daging dan telur ayam kampung cukup tinggi dipasaran, hal ini pula para pengusaha mengupayakan peternakan atau budidaya ayam lokal atau ayam kampung. Sistem peternakan dibuat dengan memeperhatikan segala aspek yang mempengaruhi kehidupan ternak diperhatikan agar didapat hasil yang memuaskan.

Cara untuk ternak ayam kampung secara terpadu yang baik dan benar juga sudah banyak dibagikan oleh para peternak ayam kampung yang lebih dahulu terjun dalam bidang ini. Anda yang ingin memulai usaha ini dapat membacanya atau jika ingin lebih lengkapnya dapat bertanya langsung kepada peternaknya.

​Demikian penjelasan singkat tentang “Usaha Budidaya Atau Ternak Ayam Kampung”. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi !

Referensi :

Wikipedia. “Ayam kampung”. ​https://id.wikipedia.org/wiki/Ayam_kampung (Diakses 09 Juni 2018).