The Unique Information From Indonesian Farmer
 

MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG BUAH MELON

Melon merupakan sebutan untuk buah yang dihasilkan dari tanaman merambat dari genus Cucumis. Buah yang umumnya berbentuk bulat hingga bulat telur ini dikonsumsi dagingnya. Untuk menikmati daging dari buah melon juga cukup bervariasi. Ia dapat dimakan ketika telah ranum atau matang secara langsung, atau juga bisa dimakan bersamaan buah lainnya dalam sop buah, rujak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mengenal lebih dalam tentang buah melon, baca saja artikel dibawah ini.

Ragam Info Tentang Buah Melon

Tanaman melon (Cucumis melo) adalah nama dari spesies tanaman dengan batang merambat dari genus Cucumis, famili Cucurbitaceae (Labu-labuan). Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari wilayah lembah di Mediterania. Ia dapat tumbuh di daerah beriklim tropis maupun subtropis. Tanaman melon pun bisa ditanam pada wilayah dataran rendah hingga dataran tinggi ± 900 mdpl. Suhu udara yang ideal berkisar antara 25 – 30° C. Ketika suhu udara dibawah 18°C, tanaman melon tidak dapat tumbuh dengan baik hingga mati. Dalam kelembaban tinggi, tanaman ini mudah terkena penyakit. Tanah liat berpasir dengan keadaan kering menjadi lahan cocok untuk pertanian tanaman melon. Lahan untuk pertanian melon juga perlu sinar matahari yang melimpah secara langsung. Kemudian untuk tingkat keasaman tanah atau pH berkisar antara 5,8 hingga 7,2.

Ada begitu dua subspesies tanaman melon dengan sepuluh kultivar. Dari subspesies melo diantaranya : muskmelon (reticulatus), cantalopue (cantalupensis), casaba (inodorus), pocket melon (dudaim), snakemelon (flexuosus), chate (adzhur), thibis. Sedangkan dari subspesies agrestis diantaranya: snapmelon (momordica, adiculus), oriental pickling conomon, serta manakawa. Blewah juga termasuk juga buah dari subspesies tanaman melon.




Tanaman melon mempunyai morfologi yang mirip dengan tanaman labu. Ia mempunyai batang berwarna hijau yang tertutupi oleh bulu halus berwarna putih. Batang ini mudah patah dan dibagian dalamnya berisi seperti gel berwarna hijau agak transparan dengan kandungan air yang tinggi. Tumbuhan ini biasa dirambatkan pada pilar atau tiang penyangga. Daun dari tanaman melon lebar, agak lemas, berwarna hijau dengan permukaan agak kasar dan ditutupi bulu.

Buah melon termasuk sebagai buah yang cukup familiar. Umumnya buah berbentuk bulat hingga bulat telur, tapi kini juga banyak yang membentuk buah ini dengan bentuk kubus, balok, hati, dll. Daging buah ini menjadi bagian yang dimakan oleh manusia. Buah melon memiliki daging berair dan segar dengan rasa manis. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk memakannya. Ia bisa dimakan secara langsung, dimakan bersama buah lain dalam sop buah, rujak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada daging buah melon terdapat banyak kandungan gizi, diantaranya:  vitamin (A, B, C), protein, mineral, karbohidrat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mengkonsumsi buah melon juga memberi manfaat pada tubuh, seperti mencegah stroke, menjaga kesehatan kulit, meredakan panas dalam, dll. Didalam buah melon juga terdapat biji pipih berwarna kekuningan dengan cangkang yang berkerut.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Mengenal Lebih Dalam Tentang Buah Melon. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan, pengamatan, pendapat pribadi penulis dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

DISTAN Daerah Istimewa Yogyakarta “Melon”. http://distan.jogjaprov.go.id/wp-content/download/buah/melon.pdf (diakses 18 Juni 2022).

Pemerintah Kota Medan. “Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh”. https://pemkomedan.go.id/artikel-11251-manfaat-buah-melon-bagi-kesehatan-tubuh.html

Wikipedia. “Melon”. https://id.wikipedia.org/wiki/Melon