The Unique Information From Indonesian Farmer
 

TANDA-TANDA DARI BUAH PISANG DIPOHON YANG AKAN SEGERA MATANG

Bagaimana Mengetahui Buah Pisang Sudah Tua Dan Segera Matang

Pisang menjadi salah satu buah yang terkenal di Indonesia, hingga dunia. Tidak sulit untuk menemukan buah dengan nama banana dalam Bahasa Inggris ini. Di Negara kita sendiri yang beriklim tropis, tanaman ini begitu mudah untuk ditemukan. Ia dapat tumbuh dengan baik pada tanah dengan kadar air sedang. Bertani tanaman pisang oleh masyarakat kita disekitaran rumah atau yang biasa disebut dengan pekarangan, khususnya untuk orang pedesaan. Karenanya, tidak mengherankan jika orang desa kadang memiliki buah pisang dalam jumlah banyak seperti satu tandan atau lebih. Bahkan bertani tanaman pisang ini juga bisa menghasilkan income dari penjualan buah, jantung atau bunga dan juga daunnya. Mengetahui buah pisang yang sudah tua dan akan segera matang tidaklah sulit. Sering pula terdapat buah pisang yang telah matang dipohon, dalam satu tandan biasanya ada beberapa buah yang matang. Namun, matangnya buah ini bisa lebih lama ketika masih dipohon. Dan untuk mengetahui buah pisnag yang tua dan segera matang, dibawah ini ada beberapa ciri-cirinya:

  • Salah satu cara yang mudah adalah dengan melihat perubahan warna pada buah ini. Warna buah pisang akan berubah menjadi lebih terang ketika sudah tua atau akan matang. Misalnya untuk jenis buah pisang berwarna hijau yang akan berubah menjadi hijau kekuningan hingga kuning ketika matang. Pisang dengan warna matang kuning ini ada pada kebanyakan jenis buah pisang. Jenis pisang berwarna ungu juga bisa berubah menjadi warna yang lebih terang yaitu merah saat menua dan menuju kematangan. Namun, terdapat pula beberapa tanda-tanda lain yang dapat digunakan untuk mengetahui buah pisang akan segera matang.
  • Tanda atau ciri yang kedua adalah buah sudah mengembang dan berisi. Buah pisang muda, akan cenderung rata bahkan cekung. Ketika semakin tua buah, maka buah akan mengembung dan sudut buah semakin samar (tidak begitu terlihat).
  • Untuk ciri yang berikutnya adalah tangkai putik dan serbuk sari bunga yang biasanya menempel pada buah pisang berubah menjadi warna hitam dan sudah rontok.
  • Ketika masih ragu dengan tanda-tanda dan juga perubahan warna pada kulit buah, anda bisa mengetahui tanda-tanda buah pisang yang segera matang dari getahnya. Semakin tua dan menuju matang, buah pisang akan semakin sedikit mengeluarkan getah. Anda bisa memotong seikit bagian buah yang masih ada dipohon ketika anda ingin mengetahui buah tersebut sudah tua atau belum.
  • Setelah memotong sedikit bagian buah, anda juga bisa mengindikasikan tanda lain dari buah ini ketika sudah tua. Bagian dalam buah pisang yang sudah tua akan berwarna sedikit kekuningan dengan bagian tengah atau hati dari si buah yang makin hitam.
  • Tanaman pisang adalah tumbuhan yang hanya sekali berbuah dan akan mati setelahnya. Daun paling bawah atau tua dari tumbuhan pisang yang buahnya akan matang akan berubah menjadi kuning atau menguning seiring dengan semakin tuanya buah.

Mengetahui pisang yang tua dan menuju kematangan tidak hanya berguna untuk petani ataua pemiliki tananaman, penjual, pengusaha makanan olahan dari buah pisang dan pembeli. Produsen makanan olahan seperti keripik yang menggunakan buah pisang mentah juga memerlukan pengetahuan ini untuk mendapatkan buah pisang yang tepat untuk produksi. Sebab, buah pisang akan segera matang akan memiliki rasa yang sedikit manis, getah yang sedikit dan juga tidak rusak ketika dipotong tipis. Berbeda dengan buah pisang muda yang mudah patah, rasanya cenderung tawar dan getahnya masih banyak.

Demikian penjelasan singkat tentang “Tanda-tanda Dari Buah Pisang Di Pohon Yang Segera Matang“. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi !