The Unique Information From Indonesian Farmer
 

MENGENAL TANAMAN UYAH-UYAHAN (FICUS MONTANA) YANG MENGHASILKAN BUAH DAPAT DIMAKAN

Tanaman uyah-uyahan (Ficus montana) menjadi salah satu tanaman yang menghasilkan buah berbentuk membulat hingga oval yang dapat dimakan oleh manusia. Buah dari tumbuhan yang satu ini memang tidak begitu familiar bagi masyarakat di Indonesia. Namun, ia tetap dapat dimakan. Tumbuhan uyah-uyahan atau biasa disebut dengan amis mata ini tersebar luas di Indonesia dan sering tumbuh secara liar. Tanaman uyah-uyahan masuk dalam genus tanaman ficus (ara) dari keluarga Moraceae, dimana di dalamnya juga terdapat tanaman tin.

Ragam Info Tentang Tanaman Uyah-uyahan

Uyah-uyahan atau amis mata merupakan spesies tanaman tropis yang mempunyai sebaran asli di wilayah Asia Tenggara. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Ficus montana ini berasal dari marga Ficus, famili Moraceae. Dimana dalam suku atau famili tanaman Moraceae juga terdapat tanaman ara atau tin serta beringin. Tanaman amis mata tergolong sebagai tanaman semak yang berasal dari wilayah tropis, tepatnya di Asia Tenggara.

Tanaman uyah-uyahan biasa hidup secara liar di Indonesia dan sering tumbuh diantara pagar tanaman warga. Tumbuhan ini tergolong sebagai tumbuhan semak dengan batang berkayu yang agak lemas. batang berbentuk silindris dengan warna abu-abu pada bagian bawah, dan hijau tua pada bagian atas. Daun yang dimiliki tanaman ini adalah daun tunggal dengan tangkai pendek. Daun tanaman berbentuk lonjong memanjang dan sedikit menjari. Permukaan dari daun tanaman ini kasar dikedua sisi (atas serta bawah).




Tumbuhan ini juga tergolong sebagai tumbuhan berbuah. Buah yang dimiliki berbentuk bulat hingga oval. Buah uyah-uyahan tumbuh diketiak daun. Buah mempunyai kulit yang setengah kasar dengan warna hijau saat muda, lalu berubah menjadi kuning, serta merah saat telah ranum. Didalam buah uyah-uyahan terdapat biji yang sedikit keras. Daging tipis dari buah ini biasa dikonsumsi oleh manusia. Rasa buah uyah-uyahan adalah asam-manis.

Bagian dari tanaman ini, seperti batang, tangkai daun, serta buah biasa mengeluarkan getah berwarna putih saat dipatahkan. Perakaran dari tanaman ini didominasi oleh akar tunggang. Batang dari tanaman yang menempel ke tanah, dibagian bawah tangkai tanaman juga sering menunmbuhkan akar.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Tanaman Uyah-uyahan (Ficus montana) Yang Menghasilkan Buah Dapat Dimakan”. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan, pengamatan, pendapat pribadi penulis dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Amis Mata”. https://su.wikipedia.org/wiki/Amis_mata (diakses 9 Juni 2022).

“Ficus”. https://id.wikipedia.org/wiki/Ficus