The Unique Information From Indonesian Farmer
 

Mengenal Karakteristik Tanaman Serta Buah Pisang Blue Java

Info Tanaman Pisang Blue Java

Pisang blue Java adalah nama dari spesies tanaman pisang hibrida hasil perkawinan silang antara Musa acuminata dengan Musa balbisiana yang menghasilkan kelompok kultivar ABB grup yang familiar disebut dengan blue java. Nama ilmiah resmi dari pisang blue Java adalah Musa acuminata x balbisiana ABB group ‘Blue Java’. Kedua spesies pisang yang menjadi nenek moyang dari pisang biru ini adalah spesies tanaman asli Asia Tenggara. Terdapat banyak sebutan lain dari pisang blue Java, diantaranya: blue bananas, ice cream banana, Hawaiian banana, Ney mannan, krie dan Cenizo.

Buah yang dihasilkan tanaman pisang blue Java dikenal mempunyai aroma yang harum serta rasa yang manis seperti ice cream vanila. Daging dari buah pisang blu Java dapat dikonsumsi secara langsung ketika sudah matang atau ranum. Ia dapat juga diolah menjadi jenis makanan lainnya, seperti selai, kue pisang, dan lain sebagainya. Mengkonsumsi pisang ini tidak hanya membuat perut kenyang, kandungan gizi yang melimpah dari buah pisang juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh.



Morfologi Tanaman Serta Buah Pisang Blue Java

Tumbuhan pisang blue Java biasa ditanam pada area pekarangan rumah. Tanaman bisa dibudidayakan di wilayah tropis dataran rendah hingga dataran tinggi sekitar 1.000 mdpl. Tanah gembur dengan banyak unsur hara serta mempunyai irigasi yang baik menjadi lahan yang ideal untuk bertani tanaman pisang. Tinggi dari tanaman pisang ini ketika dewasa antara 4,5-6 meter. Batang semu atau pelepah tanaman, tangkai daun serta tandan pisang blue Java mempunyai warna kebiruan dan banyak terdapat lapisan seperti kapur yang berwarna putih yang menutupinya. Tanaman dapat berbuah antara 15-24 bulan setelah masa tanam.

Tandan buah dari pisang blue Java berukuran kecil dan tiap tandannya bisa terdapat hingga 9 sisir buah. Saat masih muda, kulit dari buah pisang ini juga berwarna kebiruan. Namun ketika matang, kulitnya berwarna kuning pucat. Bagian daging dari pisang ini kuning pucat saat ranum. Daging buahnya mempunyai tekstur pulen. Buah pisang blue Java akan ranum di pohon ketika berusia 115-150 hari. Untuk tanda-tanda buah pisang blue Java yang telah tua atau segera matang juga sama dengan buah pisang jenis lainnya.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Karakteristik Tanaman Serta Buah Pisang Blue Java”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Radio Republik Indonesia (RRI). “[Cek Fakta] Pisang Berwarna Biru”. https://rri.co.id/humaniora/info-publik/1155437/cek-fakta-pisang-berwarna-biru (diakses 04 Agustus 2022).

Wikipedia. “Blue Java Banana”. https://en.wikipedia.org/wiki/Blue_Java_banana