The Unique Information From Indonesian Farmer
 

MENGENAL TANAMAN EUPHORBIA MILII YANG BIASA MENGHIASI TAMAN DAN PEKARANGAN

Tanaman Euphorbia milii merupakan salah satu spesies tanaman dari genus Euphrobia yang sering dijadikan tanaman hias oleh manusia. Tumbuhan dengan getah berwarna putih seperti susu ini mempunyai penampilan menarik dengan batangnya yang berduri. Ia juga mempunyai rangkaian bunga majemuk yang cantik. Tanaman dari genus Euphorbia ini juga tergolong sebagai tanaman yang kuat. Ia dapat tumbuh di tempat dengan suhu udara antara 4-40°C. Euphorbia milii juga tergolong dalam jenis tanaman yang tidak tahan air, sehingga ia akan mati ketika tanah mengandung atau tergenang banyak air.

Ragam Info Tentang Tanaman Euphorbia Milii

Euphorbia milii adalah spesies tanaman genus Euphorbia, dari famili Euphorbiaceae yang diperkirakan dari kawasan Timur Tengah. Ada sekitar 2.420 spesies tanaman dari genus Euphorbia di dunia. Di Indonesia, tanaman ini juga biasa disebut sebagai pakis giwang. Tumbuhan yang mempunyai batang berduri ini biasa dimanfaatkan oleh manusia sebagai tanaman hias di taman atau pekarangan rumah. Ia dapat tumbuh di area yang terkena sinar matahari secara langsung atau juga yang agak ternaung. Tapi pertumbuhan tanaman akan lebih baik ketika ditanam pada lahan dengan sinar matahari yang banyak. Tumbuhan Euphorbia milii tergolong sebagai tanaman yang mudah tumbuh. Ia bisa tumbuh di wilayah dengan suhu udara antara 4 – 40° C, dan dapat tumbuh di kawasan tropis maupun subtropis. Tapi tanaman Euphorbia milii ini tidak begitu tahan terhadap tanah yang mengandung banyak air atau juga tergenang air. Perbanyakan dari tanaman ini dilakukan melalui stek batang dan juga dari biji.

Tapi nilai guna dari tanaman Euphorbia milii tidak hanya sebagai tanaman hias belaka, ia juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Daun Euphorbia milii bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk pendarahan rahim dengan dibuat menjadi sup dengan daging sapi tanpa lemak. Pucuk dari tanaman juga bisa digunakan sebagai obat hepatitis dan obat luka bakar. Batang yang di iris tipis juga bisa digunakan sebagai obat bisul. Tapi, di Negara maju, tanaman ini dianggap sebagai tanaman beracun. Sebab ia mempunyai getah berwarna putih seperti susu namun lebih lengket yang bisa memicu pertumbuhan sel abnormal ketika berkoagulasi dengan darah.

Terdapat banyak varietas dari tumbuhan Euphorbia milii yang telah dijabarkan oleh para penemunya, diantaranya: Euphorbia milii var. bevilaniensis, Euphorbia milii var. hislopii, Euphorbia milii var. imperatae, Euphorbia milii var. longifolia, Euphorbia milii var. milii, Euphorbia milii var. roseana, Euphorbia milii var. splendens, Euphorbia milii var. tananarivae, Euphorbia milii var. tenuispina, Euphorbia milii var. tulearensis, serta Euphorbia milii var.  vulcanii.




Seluruh bagian tanaman, ketika dipatahkan atau dirobek akan mengeluarkan getah berwarna putih seperti susu. Batang tumbuhan Euphorbia milii berduri dengan tinggi yang bisa melebihi 2 meter. Ia mempunyai daun tunggal berbentuk oval hingga agak lonjong. Daun muda berwarna hijau terang hingga sedikit warna merah, lalu daun tua berwarna hijau gelap. Permukaan daun ini juga mempunyai lapisan lilin, sehingga ketika terkena tetesan air mempunyai efek seperti daun talas.

Perbungaan dari tanaman ini tergolong sebagai bunga majemuk. Bunga mempunyai mahkota yang bervariasi warnanya, tergantung pada varietasnya, ada yang berwarna merah, kuning, hijau, putih, jingga, dll. Kebanyakan tanaman ini mempunyai jenis bunga dengan sejati yang sempurna dengan kelamin yang lengkap. Namun adapula varietas tumbuhan Euphorbia milii yang mempunyai perbungaan steril (tidak memiliki organ seksual).

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Tanaman Euphorbia Milii Yang Biasa Menghiasi Taman Dan Pekarangan “. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan, pengamatan, pendapat pribadi penulis dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Euphorbia”.  https://id.wikipedia.org/wiki/Euphorbia (diakses 5 Juni 2022).

“Euphorbia milii”. https://id.wikipedia.org/wiki/Euphorbia_milii