The Unique Information From Indonesian Farmer
 

NAMA-NAMA BAGIAN TANAMAN DALAM BAHASA JAWA

Tanaman menjadi salah satu makhluk hidup yang berada di Bumi. Ia memiliki andil besar dalam kehidupan makhluk lainnya. Peran dari tanaman begitu banyak, diantaranya sebagai penghasil oksigen, penyimpan air, pengikat tanah hingga yang tidak kalah pentingnya adalah penghasil bahan makanan. Dalam Bahasa Jawa, pohon atau tanaman biasa disebut dengan wit. Untuk bagian dari tanaman juga memiliki nama-nama tersendiri dalam Bahasa Jawa. Jika ingin mengetahuinya, silahkan baca penjelasan dibawah ini:

  • Uwoh/Woh

Orang-orang yang biasa menggunakan Bahasa Jawa kata uwoh atau juga woh yang mana sama dengan buah. Buah memiliki banyak sekali jenis dan pemanfaatan diantaranya ada yang bisa dikonsumsi, dijadikan obat, kerajinan dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Kembang

Sebutan bunga dalam Bahasa Jawa adalah kembang. Sebagian besar tanaman berbuah memiliki bunga. Reproduksi terjadi pada bagian tanaman ini, dimana nantinya bunga dapat menjadi buah dan memiliki biji.

  • Godhong

Ketika mendengar kata godhong disebutkan oleh orang Jawa, maka sama dengan daun. Kebanyakan tanaman di Indonesia tanamannya memiliki daun dengan warna hijau. Beberapa tanaman juga memiliki nama daun tersendiri contohnya klaras, yang mana merupakan daun dari tanaman pisang.

  • Rencek

Daun dari tanaman biasanya menempel pada kayu bagian tanaman yang disebut dengan rencek. Rencek adalah sinonim dari kata ranting.

  • Pakang

Kata pakang yang biasa disebutkan oleh orang jawa merupakan sinonim dari kata dahan. Ia merupakan sebutan untuk cabang besar dari batang tanaman. Perbedaan dahan dan ranting adalah ukuran dan pencabangan bagian tanaman. Pakang adalah percabangan dari batang utama tanaman atau dahan besar tanaman. Sedangkan untuk ranting adalah percabangan dari dahan tanaman yang berukuran kecil dan pada bagian ujung bisa terdapat daun, bunga dan buah

  • Wit/Wet

Kata wit ini memang biasanya digunakan untuk menyebut pohon atau tanaman. Akan tetapi, kata ini juga sering dimaksudkan untuk menyebut batang tanaman. Untuk bagian tanaman yang biasa disebut dengan batang saya kurang tahu bagaiamana orang Jawa biasa menyebutnya, ada yang menyebutnya dengan kata wit, balok, dan ada juga beberapa tanaman yang memiliki nama tersendiri untuk menyebut batangnya. Seperti batang tanaman pisang yang biasa disebut gedebok, batang padi yang biasa disebut dami, batang tanaman jagung yang biasa disebut tebon, batang beberapa jenis tanaman palem-paleman yang biasa disebut glugu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Bonggol

Setelah batang, tanaman akan memiliki bagian penghubung dengan akar yang dalam Bahasa Jawa disebut bonggol atau pongkol. Bagian ini berada pada bawah dari tanaman atau pohon.

  • Oyot

Untuk yang terakhir, yang biasa berada pada bagian paling bawah tanaman dan menjadi penegak berdirinya tanaman adalah akar. Akar dalam Bahasa Jawa biasa disebut dengan oyot.

Bagian dari tanaman atau pohon bisa saja lengkap seperti disebutkan diatas, namun ada juga yang tidak lengkap. Demikian penjelasan singkat tentang beberapa “Nama-nama Bagian Tanaman Dalam Bahasa Jawa” menurut penulis. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi ! Terima Kasih !