The Unique Information From Indonesian Farmer
 

MENGETAHUI CIRI-CIRI ANTARA KELAPA MUDA (DEGAN) DENGAN KELAPA TUA

dari Perbedaan Ciri Dari Kelapa Muda Atau Degan Dengan Kelapa Tua

Kelapa menjadi salah satu buah yang begitu banyak manfaatnya. Di Indonesia tidak sulit untuk menemukan buah yang satu ini, pemanfaatan dari tanaman kelapa begitu banyak, termasuk juga pada buahnya. Mulai dari kulit hingga bagian terdalamnya bisa dimanfaatkan oleh manusia. Buah ini juga biasa dimanfaatkan daging dan airnya untuk pangan. Untuk buah kelapa muda atau degan, daging dan airnya biasa dikonsumsi untuk menghilangkan dahaga dan lapar. Mengkonsumsi kelapa muda bisa secara alami atau dicampur dengan bahan lainnya. Sedangkan untuk kelapa tua, pemanfaatannya lebih bervariasi, dapat digunakan untuk bahan baku makanan dan minuman dengan tata cara pengolahan yang juga lebih banyak. Mengetahui ciri-ciri antara buah kelapa muda dengan tua tidaklah sulit, anda bisa melihatnya dari tanda-tandanya yang terdapat pada buah mulai dari luar sampai dalamnya.

Ciri-ciri Buah Kelapa Muda :

  • Bobot dari buah yang berat dibandingkan dengan kelapa tua. Sebab masih terdapat banyak kandungan air pada sabutnya.
  • Di sekitar tangkai warna kulit terluar adalah warna muda seperti hijau, kuning, atau jingga yang masih terang atau warna muda. Dan biasanya akan berubah menjadi warna yang semakin gelap ketika tua.
  • Ciri selanjutnya dari kelapa muda adalah tidak ada suara air yang beriak saat dikocok.
  • Lalu setelah dikupas, akan terlihat sabut atau sepet yang seratnya masih menempel dengan rapat, masih empuk dan basah. Dan warna batok yang masih putih, lunak dan tipis (tidak setebal kelapa tua).
  • Untuk ciri dari daging dan air buah kelapa muda adalah dagingnya yang masih tipis dan lunak, akan menjadi lebih tebal dan keras ketika tua. Lalu daging dan air dari degan masih berasa manis, sehingga nikmat dikonsumsi langsung.

Ciri-ciri Dari Buah Kelapa Tua :

  • Bobot kelapa yang sudah tua yang lebih ringan dibandingkan kelapa muda (degan), sebab kandungan air pada sabut sudah berkurang. Akan lebih ringan lagi ketika sudah kering hehe…
  • Warna kulit terluar keseluruhan hampir atau juga sama, yaitu warna-warna gelap. Dan akan berubah menjadi coklat jika kering.
  • Saat dikocok, akan terdengar suara riak air. Namun terdapat pula kelapa yang tidak berbunyi airnya ketika dikocok, dan untuk mengenalinya anda bisa menggunakan cara lainnya.
  • Setelah dikupas, maka akan terlihat ciri-ciri lainnya dari kelapa tua, yaitu sepet yang lebih pera dan renggang, lebih kering, batok yang keras dengan warna coklat dan serat hitam.
  • Daging dan air dari kelapa tua tidaklah se-enak kelapa muda ketika dikonsumsi langsung. Daging Kelapa tua itu keras, dan tebal dan tidak terlalu manis. Begitu juga dengan airnya yang sudah tidak se-manis kelapa muda.

Demikian penjelasan singkat tentang “Mengenal Ciri-ciri Antara Kelapa Muda (Degan) Dengan Kelapa Tua“. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi !