The Unique Information From Indonesian Farmer
 

MENGENAL KACANG HIJAU DAN BERAGAM PEMANFAATANNYA UNTUK KONSUMSI MANUSIA

Terkait Dengan Biji Kacang Hijau Dan Bermacam-macam Pemanfaatannya Sebagai Salah Satu Bahan Pangan Konsumsi Manusia

Kcang hijau (green bean) menjadi salah satu jenis kacang yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Biji kacang hijau berbentuk oval, dan terdapat dua jenis yaitu yang kecil dan besar. Untuk yang kecil ukurannya dibawah 5mm sedangkan untuk yang besar bisa sekitar 7-8 mm. Tanaman ini berkembang biak dengan menanam bijinya, ia memiliki batang pendek, ukuran tinggi maksimal sekitar 50 cm dan bukan tidak merambat. Penanaman kacang hijau biasa ditanam ketika musim kemarau dan menjadi salah satu tanaman palawija. Tanaman ini tidak tahan dengan tanah yang mengandung kandungan air tinggi dan juga hujan. Sebab hujan juga bisa menurunkan kualitasnya dan membuat kulit bijinya berwarna hijau kusam hingga coklat bahkan dapat menjamur dan busuk. Di Indonesia, kacang dengan warna kulit hijau ini sangat familiar. Ia biasa dijual dengan satuan berat kilogram dan juga ons. Harga jual normal dari pedagang untuk satu kilogram kacang hijau berkisar antara 20.000-35.000.

Ada bermacam-macam pemanfaatan dari kacang hijau yang bisa kita temukan. Pada makanan, biji kacang hijau sangat banyak digunakan sebagai salah satu bahannya. Onde-onde, koci, bakpia, bakpao, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebanyakan kue-kue tradisional tersebut menggunakan kacang hijau sebagai isiannya. Untuk yang menggunakan kacang hijau sebagai bahan baku bukan isian contohnya kue kaoya. Biji kacang hijau juga menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan sayur toge atau kecambah yang biasa diperjual-belikan oleh masyarakat Indonesia.

Sedangkan untuk pemanfaatan lain dari biji kacang hijau adalah untuk minuman. Es atau bubur kacang hijau, es campur menjadi beberapa contohnya. Ada pula industri yang mengolah biji kacang hijau dengan cara mengambil sarinya kemudian dijadikan sebagai minuman.

Seperti jenis kacang lainnya, ia juga kaya akan nutrisi. Jika ingin mengetahui kandungan nutrisi dari kacang hijau anda bisa membacanya di website lainnya. Demikian penjelasan singkat tentang “Mengenal Kacang Hijau Dan Beragam Pemanfaatannya Untuk Konsumsi Manusia“. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi!