The Unique Information From Indonesian Farmer
 

KELAPA KOPYOR YANG NIKMAT DAN BERNILAI EKONOMI TINGGI

Kelapa Kopyor Yang Nikmat Dan Bernilai Ekonomi Tinggi,Buah Kelapa Kopyor Yang Nikmat Dan Bernilai Ekonomi Tinggi,Harga Kelapa Kopyor,Kelapa Kopyor GenjahKelapa Kopyor Yang Nikmat Dan Bernilai Ekonomi Tinggi,Kelapa Kopyor 

Penjelasan Tentang Buah Kelapa Kopyor

Kelapa Kopyor adalah jenis kelapa yang mengalami kelainan pada genetiknya yang membuat daging buah mengelupas (tidak menempel pada batoknya) dan lebih lunak dibandingkan kelapa pada umumnya. Rasa dari daging buah kelapa ini begitu lezat, sehingga membuatnya memiliki harga yang tinggi. Masih sedikitnya jumlah buah yang satu ini dipasaran dan tingginya permintaan merupakan hal lain yang membuat nilai ekonomi buah ini berbeda dari kelapa pada umumnya. Kabupaten Pati, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah penghasilnya di Indonesia. Kabupaten yang berada pada kawasan Pantai Utara Jawa ini, memiliki varietas unggul, yaitu jenis kelapa genjah. Kelapa Kopyor Genjah dari Pati dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan warnanya, yaitu : hijau, kuning dan coklat.


Nilai Ekonomi Dan Pemanfaatan Buah Kelapa Ini

Buah Kelapa yang satu ini biasa dijadikan sebagai minuman yang menyegarkan seperti minuman kelapa muda, dalam artian dapat dimakan langsung (tidak perlu diolah secara khusus) dapat pula ditambahkan gula atau sirup untuk menambah cita rasa buah ini. Tidak hanya warung pinggir jalan yang menyediakan menu minimuman kelapa yang nikmat ini, restoran atau rumah makan besar juga sering menjadikannya sebagai salah satu menu minuman andalan. Selain langsung dimakan, buah kelapa ini juga dapat dijadikan sebagai produk olahan seperti kue, biskut dan es krim.

Permintaan terhadap Buah kelapa ini dipasaran cukup tinggi, rasa yang berbeda dari kelapa pada umumnya dan ketersedian buah yang sedikit yang tidak dapat memenuhi permintaan konsumen membuat harga dari buah yang satu ini menjadi tinggi. Bagi yang memiliki lahan luas, usaha menanam kelapa jenis ini dapat menjadi pilihan usaha yang menguntungkan.

​​Demikian penjelasan singkat tentang “Kelapa Kopyor Yang Nikmat Dan Bernilai Ekonomi Tinggi”. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi !

Referensi :

Wikipedia. “Kelapa kopyor”. https://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa_kopyor (Diakses 06 Juni 2018).

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun). “Populasi Unggul Kelapa Genjah Kopyor”. 2013.http://perkebunan.litbang.pertanian.go.id/?p=7623 (Diakses 05 Juni 2018).