The Unique Information From Indonesian Farmer
 
KEGIATAN URBAN FARMING (PERTANIAN DI WILAYAH PERKOTAAN)

KEGIATAN URBAN FARMING (PERTANIAN DI WILAYAH PERKOTAAN)

Kegiatan Urban Farming ( Pertanian Perkotaan),menanam bayam, bayam dalam potKegiatan Urban Farming ( Pertanian Perkotaan),Kemagi, Menanam Kemangi Dipekarangan  Kegiatan Urban Farming ( Pertanian Perkotaan), Kangkung, kangkung Mudah Ditanam Di Pekarangan Kegiatan Urban Farming ( Pertanian Perkotaan),Menanam terong Dipekarangan

Tentang Urban Farming ( Pertanian Perkotaan)

Urban Farming merupakan istilah yang berasal dari bahasa inggris. Urban yang memiliki arti kota atau perkotaan dan Farming yang berarti pertanian. Jadi dari dua kata ini dapat disimpulkan pengertian dari urban farming adalah pertanian perkotaan. Pertanian ini mempraktekkan berbagai perkembangan ilmu bertani yang bertujuan untuk mempermudah kegiatan pertanian di perkotaan. Menanam tanaman buah dalam pot yang direkayasa dengan cara cangkok agar tanaman dapat berbuah walaupun memiliki ukuran mini. Teknik menanam sayuran dengan media hidroponik, aeroponik dan berbagai praktek bertani baik yang tidak hanya menanam tetapi juga berternak atau budidaya hewan konsumsi seperti ayam, ikan atau yang lainnya dapat dilakukan di area perkotaan yang sempit dapat pula digolongkan menjadi Urban Farming.

Urban Farming tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan pribadi dari pelakunya. Dengan adanya usaha yang maksimal, hasil dari usaha pertanian di perkotaan ini juga dapat menjadi sumber dari pendapatan masyarakat kota. Dengan adanya kegiatan ini manfaat yang lebih luas juga dapat dirasakan. Tanaman pada area kota memiliki peran yang penting untuk penyerapan gas karbon dioksida dan produksi oksigen. Sumber makanan yang sehat dan bermutu juga menjadi manfaat yang begitu penting bagi setiap orang yang melakukan usaha ini. Intensifikasi pertanian ini dapat menjadi solusi untuk ketahanan pangan. Karenanya kegiatan urban farming ini begitu didukung oleh lembaga pemerintah yang berhubungan dengan pangan.


​Demikian penjelasan singkat tentang “Kegiatan Urban Farming ( Pertanian Perkotaan)”. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi !

Referensi : ​

Wikipedia. “Pertanian urban”. https://id.wikipedia.org/wiki/Pertanian_urban (Diakses 17 Juni 2018).

“Urban agriculture”. https://en.wikipedia.org/wiki/Urban_agriculture (Diakses 17 Juni 2018).

Detik Finance. “Urban Farming, Solusi Penyediaan Pangan Sehat Warga Perkotaan”. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3727701/urban-farming-solusi-penyediaan-pangan-sehat-warga-perkotaan​​ (Diakses 17 Juni2018).