The Unique Information From Indonesian Farmer
 

KAYU JATI SEBAGAI SALAH SATU JENIS KAYU UNGGULAN DARI INDONESIA

Kayu Jati, Pohon Jati,Kayu Jati Sebagai Jenis Kayu Unggulan Dari Hasil Hutan Indonesia Kayu Jati Sebagai Jenis Kayu Unggulan Dari Hasil Hutan Indonesia

Tentang Tanaman Jati

Jati(Tectona Grandis L.F.) adalah jenis tanaman atau pohon berbatang besar yang dikenal dengan kayunya yang berkualitas (kuat, keras dan memiliki ketahanan terhadap serangan rayap serta kutu pemakan kayu). Di Dunia, jati dikenal dengan sebutan teakKayu Jati banyak terdapat di Indonesia, mulai dari hutan homogen yang khusus membudidayakan Jati, walaupun disebut homogen, masih terdapat tanaman berbatang besar lainnya, namun hutan homogen ini mengkhususkan budidaya tanaman jati sebagai produk utamanya. hutan heterogen yang beraneka ragam tanamannya, sampai lahan perkebunan bahkan pekarangan penduduk di Indonesia ditanami flora ini. Hal ini menyebabkan tanaman ini begitu familiar bagi masyarakat Indonesia.

Pulau Jawa merupakan tempat yang dikenal akan populasi hutan jati, Blora merupakan Kabupaten di Jawa Tengah, yang terkenal dengan hutan jati yang dikelola secara terpadu oleh PERHUTANI. Lembaga milik pemerintah ini mengelola sumber daya hutan di Pula Jawa dan Madura dengan tujuan untuk menghasilkan bahan untuk kepentingan industri. Bahkan di Blora, terdapat salah satu kecamatan yang memiliki nama sama dengan tanaman ini, yaitu kecamatan Jati. Selain di Jawa, tanaman ini juga banyak ditanam di Sulawesi atau yang sering dikenal dengan jati Sulawesi.

Pemanfaatan Kayu Jati

​Kayu Jati telah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia, Kayu jati biasanya dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan, furniture, bahkan perahu atau kapal juga dapat dibuat dengan bahan kayu jati. Jepara sebagai salah satu Kabupaten Kota di Indonesia dikenal sebagai tempat yang banyak memanfaatkan kayu ini sebagai bahan baku untuk kerajinan ukir kayu dan juga furniture kayunya. Setiap hari di kota kecil yang terletak di bagian utara pulau jawa ini menghabiskan ratusan bahkan ribuan kubik kayu jati gelondongan untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku furniturenya. Produk furniture Jepara yang terbuat dari Kayu Jati juga menjadi salah satu komoditas ekspor dari Indonesia yang dikenal di Dunia dengan kualitasnya.

Selain kayu, bagian tanaman ini yang banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia adalah daunnya. Daun jati yang tua biasa digunakan untuk pembungkus makanan, bagian daun yang pucuk juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk pewarna alami. Sebab, bagian pucuk atau daun muda tanaman jati dapat menghasilkan warna merah.



Ciri-ciri Kayu Jati Yang Berkualitas

Untuk ciri-ciri kayu jati yang berkualitas diantaranya :

  • Fisik kayu lurus.
  • Serat lurus atau sejajar.
  • Tidak ada atau sedikit soca. Soca adalah bekas dari cabang yang telah dipangkas atau mati dengan sendirinya. Bentuk dari soca ini yang menyerupai mata yang biasanya membentuk serat kayu yang melingkar.
  • Tidak mengeluarkan getah terus-menerus, atau bisa dikatakan sudah kering.
  • Kayu Berwarna coklat-hingga hitam.
  • Tidak Ada Bintik-bintik lubang hitam bekas dimakan kutu kayu atau lubang bekas rayap.

​Demikian Penjelasan Singkat Tentang “Kayu Jati Sebagai Salah Satu Jenis Kayu Unggulan Dari Indonesia“. Mohon Maaf Jika Terdapat Kesalahan dan kekurangan dalam Penulisan atau Informasi !

Referensi :

Wikipedia. “Jati”. https://id.wikipedia.org/wiki/Jati (Diakses 05 Juni 2018).

Wikipedia. “Jati, Blora”. https://id.wikipedia.org/wiki/Jati,_Blora

PERHUTANI “PROFIL PERUSAHAAN PERUM PERHUTANI”. https://perhutani.co.id/tentang-kami/profil-perusahaan-perum-perhutani/ (Diakses 22 November 2019).