The Unique Information From Indonesian Farmer
 

KARAKTERISTIK DARI BUAH KELAPA TUA

Buah kelapa menjadi salah satu bagian dari tanaman keluarga palm ini yang dapat mempunyai beragam manfaat bagi kehidupan manusia. Air, serta daging menjadi dua bagian dari si buah kelapa baik yang masih muda atau tua bisa dikonsumsi oleh manusia. Dalam kehidupan masyarakat di Indonesia daging buah kelapa yang tua biasa digunakan membuat santan untuk berbagai kebutuhan pangan seperti makanan, minuman, hingga diolah menjadi minyak goreng. Karakteristik dari buah kelapa tua begitu mudah untuk dikenali. Bagi yang ingin mengetahui hal tersebut, baca artikel dibawah:

  • Buah kelapa yang tua mempunyai berat atau bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan saat mudanya. Sebab berbagai kandungan air didalam kulit buah atau sabut telah berkurang dan akan semakin ringan seiring dengan mengeringnya si buah.
  • Kelapa yang sudah tua juga akan mempunyai kulit terluar yang semakin gelap serta seragam. Sebagian dari kulit terluar dari buah juga akan memiliki garis atau bercak berwarna kecokelatan. Kelapa yang tua dan kering kulitnya akan berubah menjadi coklat jika kering.
  • Karakteristik buah kelapa tua yang berikutnya adalah saat dikocok, akan terdengar suara riak air. Namun terdapat pula kelapa yang tidak berbunyi airnya ketika dikocok, dan untuk mengenalinya anda bisa menggunakan cara lainnya.
  • Setelah dikupas serabut terluarnya, maka akan terlihat ciri-ciri lainnya dari buah kelapa tua, yaitu sabut yang lebih pera, renggang, serta lebih kering.
  • Dilihat dari batoknya, kelapa yang tua memiliki batok yang keras dengan warna coklat gelap dan serat hitam.
  • Saat dibelah, buah kelapa tua mempunyai dagingyang tebal, keras, dan tidak begitu manis. Kandungan santan dari daging kelapa tua juga lebih banyak dan terasa.
  • Untuk air dari buah kelapa tua tidaklah semanis air dari kelapa muda. Kadang kala, warna dari air kelapa yang tua juga lebih keruh dibandingkan air kelapa muda.

Demikian penjelasan singkat tentang “Karakteristik Dari Buah Kelapa Tua“. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi !