The Unique Information From Indonesian Farmer
 

ITIK MELAWAR (ANAS PLATYRHYNCHOS) YANG MEMPUNYAI RUPA MENAWAN

Itik atau bebek menjadi salah satu genus atau marga dari unggas yang mempunyai banyak spesies. Beragam spesies bebek atau itik juga mempunyai karakteristik khasnya tersendiri. Salah satu pembeda spesies itik yang mudah dilihat ada pada warna bagian tubuh luarnya, seperti bulu, paruh, serta kaki. Hubungan itik dengan manusia juga terbilang erat. Saat ini, itik atau bebek biasa dipelihara oleh manusia untuk kebutuhan pangan. Telur dan daging dari hewan yang tergolong unggas ini menjadi salah satu bahan pangan dari hewan ungggas yang terjangkau setelah bebek. Selain sebagai sumber pangan, itik atau bebek yang mempunyai penampilan cantik juga sering dipelihara atau diternakkan dengan tujuan lain, yaitu sebagai hewan hias. Itik melewar (Anas platyrhynchos) menjadi salah satu spesies itik yang mempunyai rupa menawan dan biasa dijadikan sebagai hewan hias.

Ragam Info Tentang Itik Melewar (Anas platyrhynchos)

Itik atau bebek melewar (Anas platyrhynchos) merupakan spesies bebek bertubuh sedang yang mempunyai sebaran asli di wilayah Amerika, Eurasia, serta Afrika Utara. Saat ini, spesies bebek ini telah di introduksi ke banyak Negara di Dunia. Spesies unggas ini berasal dari marga Anas, subsuku Anatinae, suku Anatidae. Terdapat beberapa subspesies dari bebek melewar (Anas platyrhynchos), diantaranya Anas platyrhynchos platyrhynchos, Anas platyrhynchos domesticus, Anas platyrhynchos palaeoboschas, Anas platyrhynchos oustaleti serta Anas platyrhynchos conboschas.

Habitat alami bebek melewar berada wilayah artik, hingga subtropis. Ia biasa beraktivitas di sekitar wilayah yang dekat air, baik air asin atau air tawar yang dangkal dengan kedalaman kurang dari 1 meter. Sarang mereka juga biasa dibuat dekat dengan tempat yang berair. Itik melewar biasa hidup secara berkelompok dalam jumlah besar. Makanan dari bebek ini cukup beragam seperti halnya jenis bebek atau itik lainnya. Sebab bebek melewar juga spesies hewan omnivora. Ia memakan bagian tanaman seperti biji-bijian, daun, buah, hingga memangsa hewan-hewan berukuran kecil seperti serangga, ikan, udang, kepiting, dll. Bebek mallards tergolong sebagai hewan invasif dan mudah beradaptasi. Karena hal ini pula, genetik dari bebek ini pun tercemar dan kemudian menjadi spesies hibrida yang baru dan mempunyai keunikan fenotipe atau genotipe.




Ukuran tubuh dari bebek melewar tergolong sedang, panjang tubuhnya antara 50−65 cm, bentang sayap 81−98 cm, dan berat hingga 1,6 kg. Bebek melewar menjadi salah satu spesies bebek yang mempunyai rupa menawan. Bulu yang dimiliki si bebek ini begitu cantik. Beberapa spesies juga mempunyai subspesies variasi warna bulu yang berbeda-beda. Umumnya mereka mempunyai bulu putih atau abu-abu kecokelatan dengan bintik dan belang cokelat tua hingga kehitaman. Ada pula jenis bebek melewar yang pejantannya mempunyai bulu hijau kehitaman yang mengkilap pada bagian kepala hingga lehernya.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Itik Melewar (Anas platyrhynchos) Yang Mempunyai Rupa Menawan”. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan, pengamatan, pendapat pribadi penulis dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Itik”. https://id.wikipedia.org/wiki/Itik (diakses 29 Mei 2022).

“Mallard”. https://en.wikipedia.org/wiki/Mallard

“Mariana mallard”. https://en.wikipedia.org/wiki/Mariana_mallard

“Itik Melewar”. https://id.wikipedia.org/wiki/Itik_melewar