The Unique Information From Indonesian Farmer
 

Ikan Bidadari, Spesies Ikan Air Tawar Yang Sering Dijadikan Peliharaan Dalam Aquarium

Ragam Info Tentang Ikan Bidadari

Ikan bidadari (Pterophyllum Scalare) adalah spesies ikan air tawar bertubuh kecil dari genus Pterophyllum, famili Cichlidae. Ikan bidadari sering dijadikan peliharaan dalam aquarium atau tank kaca oleh para pecinta ikan hias. Asal dari ikan ini adalah kawasan Amerika Selatan, (Sungai Ucayali di Peru, Sungai Oyapock di Guyana Perancis, Sungai Essequibo di Guyana, Sungai Solimões dan Amapa serta Amazon di Brazil). Habitat dari ikan ini mulai dari sungai, rawa, hingga dataran banjir yang jernih sampai keruh serta kaya akan vegetasi. Habitat yang disukai oleh ikan ini adalah mempunyai kesadahan air 3-10°dH, suhu air 26-30°C, serta pH (keasaman) 6,0-7,0. Ikan ini biasa memakan ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil, cacing, serangga, udang kecil, dll.




Penampilan fisik dari ikan ini tergolong cantik. Ikan ini mempunyai tubuh pipih yang tinggi dengan sirip atas (punggung) serta sirip bawah (perut) yang tinggi seperti layar kapal. Ia juga mempunyai sepasang sirip perut yang kecil dan panjang. Pada sirip ekornya, terdapat perpanjangan sirip seperti rambut yang berjumlah dua helai, yang panjang dengan letak hampir di ujung tepi atas dan bawah. Perpanjangan sirip seperti rambut tersebut juga terdapat pada sirip punggung dan sirip anus dari si ikan bidadari. Warna tubuh dari ikan bidadari perpaduan antara kuning kehijauan, hitam, serta biru muda. Untuk ikan bidadari hasil budidaya juga ada variasi warna lainnya.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Ikan Bidadari, Spesies Ikan Air Tawar Yang Sering Dijadikan Peliharaan Dalam Aquarium“. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan, pengamatan, pendapat pribadi penulis dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Ikan Bidadari”. https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_bidadari (diakses 03 Agustus 2022).