The Unique Information From Indonesian Farmer
 

GURITA, HEWAN DARI KELAS CHEPALOPODA YANG BIASA DIJUAL DENGAN HARGA TINGGI

Gurita adalah salah satu hewan laut dari kelas Chepalopoda yang dapat dikonsumsi atau dimakan manusia. Sebagai makanan dari laut atau biasa disebut seafood, gurita dijual dengan harga tinggi. Hewan laut yang memiliki tinta hitam yang sering disemburkan untuk perlindungan diri ini mempunyai rasa lezat dan tentunya bergizi. Mengolah gurita juga begitu mudah, bisa dibakar, digoreng, ditumis, direbus, dll.

Info Tentang Gurita, Chepalopoda Dengan Harga Jual Tinggi

Gurita merupakan sebutan untuk kelompok hewan laut dari ordo Octopoda, superordo Decapodiformes dan Octopodiformes, subkelas Coleoidea, kelas Cephalopoda, dan filum Moluska. Cephalopoda adalah kelas untuk hewan-hewan dengan kaki yang menyatu dengan kepala. Dalam kelas Chepalopoda laut yang cukup dikenal oleh manusia adalah sotong, cumi-cumi, serta ubur-ubur. Gurita juga dimasukkan dalam hewan invertebrata (tidak mempunyai tulang belakang). Ia hidup diperairan laut dangkal hingga dalam yang tersebar di seluruh laut dunia. Ada sekitar 289 spesies dari gurita, mereka terbagi dalam 2 subordo, yaitu Cirrata dan Incirrata. Dari subordo Cirrata ada 3 familia, yaitu Opisthoteuthidae (Umbrella octopus), Cirroteuthidae, serta Stauroteuthidae. Lalu dari subordo ada 8 familia dan 1 superfamilia, yaitu: Amphitretidae (telescope octopus), Bolitaenidae (gelatinous octopus), Octopodidae (benthic octopus), Vitreledonellidae (glass octopus), lalu superfamilianya Argonautoida mempunyai 4 familia, yaitu Alloposidae (seven-arm octopus), Argonautidae (argonauts), Ocythoidae (tuberculate pelagic octopus), dan Tremoctopodidae (blanket octopus).

Umumnya, gurita mempunyai jumlah lengan 8, namun adapula yang berjumlah 6 dan tujuh. Gurita dimanfaatkan sebagai sumber pangan. Kebanyakan gurita bisa dimakan atau dikonsumsi oleh manusia. Terdapat begitu banyak variasi masakan yang bisa dibuat dengan bahan dari moluska ini, mulai dari masakan tradisional hingga modern. Mempunyai rasa yang lezat, gurita pun masuk dengan harga tinggi. Kandungan gizi yang terdapat pada gurita juga melimpah dan bermanfaat bagi tubuh manusia ketika dikonsumsi.



Morfologi Dari Gurita

Gurita adalah salah satu hewan laut dari kelas Chepalopoda.Yang begitu khas dari hewan laut ini adalah tentakel atau kaki-kaki yang menyambung langsung ke bagian kepala. Umumnya jumlah tentakel gurita adalah 8, namun ada juga yang berjumlah 6 dan 7. Tentakel-tentakel gurita mempunyai banyak kegunaan, diantaranya: membantu ia bergerak di dasar laut, berenang di air, hingga menangkap mangsanya. Gurita mempunyai kepala yang berbentuk seperti bola yaitu bulat, dan juga kubah setengah lingkaran. Lalu bagian kaki-kakinya menyatu dengan kepala. Pada kaki-kakinya juga terdapat seperti penghisap atau vacum.

Gurita mempunyai masa hidup hingga 6 bulan hingga 5 tahun. Spesies yang terbesar dari gurita berasal dari spesies gurita raksasa pasifik utara yang dapat mempunyai berat hingga 40 kilogram. Tubuh cumi-cumi lunak, kenyal, serta elastis. Warna tubuhnya beraneka ragam, ada yang berwarna merah, hitam, putih, dll. Ia juga dapat berkamuflase dan mengubah warnanya sesuai dengan lingkungannya untuk berburu dan bersembunyi dari pemangsanya. Walau bertubuh lunak, namun cumi-cumi mempunyai gigi yang tajam untuk mengunyah mangsa-mangsanya. Sebagai hewan karnivora, cumi-cumi memakan hewan-hewan laut seperti ikan, krustasea air, hingga jasad hewan laut atau darat yang berukuran besar.

Untuk bernafas, gurita menggunakan insang. Ia mempunyai sistem pernafasan tembaga. Gurita mempunyai 3 jantung, di dekat insang ada dua jantung dan satu jantung lainnya berada dibagian belakang tubuhnya. Dan satu jantung lainnya terdapat dibawah kepala.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Gurita, Hewan Dari Kelas Chepalopoda Yang Biasa Dijual Dengan Harga Tinggi”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Gurita”. https://id.wikipedia.org/wiki/Gurita (diakses 13 Mei 2022)