The Unique Information From Indonesian Farmer
 

DUA PERAN PENTING DARI LEBAH MADU UNTUK MAKHLUK HIDUP LAINNYA

Terkait Dengan Peran Penting Lebah Madu Dalam Kehidupan Makhluk Hidup Lain

Lebah (tawon) madu adalah sebutan untuk kelompok spesies lebah yang biasa menghasilkan madu hasil dari cairan manis pada bunga tanaman. Ciri yang begitu dikenal dari lebah madu adalah adanya garis belang-belang hitam dan kuning pada perutnya. Lebah madu memiliki dua peran penting untuk makhluk hidup yang lainnya. Peran yang pertama darinya adalah penghasil madu. Madu ini merupakan cadangan makanan yang disimpan pada sarang, yang dimaksudkan untuk bagi bayi lebah yang baru menetas. Madu ini pula yang biasa diambil oleh manusia untuk dikonsumsi. Untuk memanennya, sarang lebah ini yang memiliki madu akan diambil untuk kemudian dihancurkan dengan cara meremasnya untuk kemudian disaring agar tidak ada kotoran atau benda lain yang tercampur. Cairan madu juga menjadi salah satu makanan hewan lainnya, salah satunya beruang madu.

Madu memiliki begitu banyak manfaat ketika dikonsumsi oleh manusia. Konsumsi cairan kental dengan rasa manis ini telah ada sejak zaman kuno. Sampai kini ia juga tetap banyak yang mengkonsumsinya. Madu juga menjadi salah satu komiditas usaha yang sampai kini. Harga madu dari lebah liar hutan akan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan madu dari lebah ternak. Salah satu sebabnya karena madu lebah hutan memakan pakan dan nektar dari bunga tanaman alami yang berada dihutan. Berbeda halnya dengan lebah madu yang diternakkan yang bisa saja madunya dari bunga tanaman yang telah terkontaminasi zat kimia.

Namun, dibalik begitu banyaknya manfaat yang terdapat dari madu, lebah madu juga memiliki peranan penting lainnya. Lebah dikenal sebagai salah satu hewan penyerbuk tanaman berbunga yang akan merontokkan serbuk sari (sel kelamin jantan) supaya dapat menempel pada putik (sel kelamin betina) agar tumbuhan dapat bereproduksi. Ketika tanaman dapat bereproduksi, maka bisa menghasilkan buah dan biji-bijian untuk berkembang-biak dan ataupun sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya yaitu manusia dan hewan. Hal yang begitu penting ini juga dilakukan oleh lebah madu.

Demikian penjelasan singkat tentang beberapa “Dua Peran Penting Dari Lebah Madu Untuk Makhluk Hidup Lainnya” menurut penulis. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi ! Terima Kasih !

Referensi :

Wikipedia. “Lebah Madu”. https://id.wikipedia.org/wiki/Lebah_madu (Diakses 15 Februari 2021).

“Penyerbukan”. https://id.wikipedia.org/wiki/Penyerbukan

“Serbuk Sari”. https://id.wikipedia.org/wiki/Serbuk_sari

“Putik”. https://id.wikipedia.org/wiki/Putik