The Unique Information From Indonesian Farmer
 

BUNGA BAKUNG LELABAH MERAH (RED SPIDER LILY) YANG MENAWAN

Bunga bakung atau lily merupakan sebutan untuk bunga dari tanaman familia atau suku Amaryllidaceae. Bunga-bunga bakung menjadi salah satu kelompok bunga yang familiar dan sering dibudidayakan oleh manusia sebagai tanaman hias. Mempunyai penampilan yang menawan, bunga-bunga bakung pun banyak yang dijual sebagai bunga potong untuk berbagai keperluan, seperti bunga untuk dekorasi, bunga hantaran, serta bunga potong hias. Bunga bakung lelabah merah atau red spider lily menjadi salah spesies tanaman bunga bakung yang menawan. Mempunyai bunga yang menawan, tanaman bunga lelabah merah pun kemudian banyak dibudidayakan oleh manusia. Bakung lelabah merah berasal dari genus Lycoris, dengan famili Amaryllidaceae (bakung-bakungan). Bunga bakung lelabah merah juga sering dijadikan sebagai simbol kematian.

Info Tentang Bunga Bakung Lelabah Merah (Red Spider Lily)

Bunga bakung lelabah merah atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai red spider lily adalah spesies bunga dari tanaman genus Lycoris, tribus Lycorideae, upafamili Amaryllidoideae, famili Amaryllidaceae (bakung-bakungan). Nama ilmiah dari bakung lelabah merah adalah Lycoris radiata. Tanaman bakung lelabah merah berasal dari wilayah Tiongkok, Korea, Nepal, kemudian hingga ke Jepang. Saat ini, tumbuhan ini telah tersebar luas ke berbagai Negara di Dunia. Dalam tradisi China serta Jepang, bunga bakung lelabah merah sebagai simbol yang berhubungan dengan kematian dan juga perpisahan. Tanaman dari suku bakung-bakungan yang memiliki bunga indah ini pun kini telah banyak dibudidayakan oleh manusia, baik sebagai bunga potong yang nantinya digunakan sebagai bunga hantaran, bunga hias dalam vas di meja, bunga dekorasi, hingga tanaman hias.

Lily lelabah merah ini mekar pada akhir musim panas hingga awal musim gugur. Untuk yang di wilayah tropis, bunga ini biasa mekar saat akhir musim kemarau hingga awal musim hujan. Karenanya, mekarnya si bunga bakung ini sering dikaitkan dengan akan datangnya musim hujan. Tanaman bakung lelabah merah ini mempunyai bunga majemuk dengan benang sari serta putik, namun merupakan bunga steril (tidak berubah menjadi buah). Tumbuhan bakung laba-laba merah ini berkembang biak melalui umbi.




Perbungaan dari bakung lelabah merah adalah bunga majemuk. Bunga mempunyai tangkai silindris yang panjangnya bisa sampai 20 cm dengan warna hijau muda hingga gelap. Lalu di ujung tanaman terdapat rangkaian bunga yang membentuk malai bundar dengan banyak percabangan yang tampak begitu indah. Tampilan dari bunga lily lelabah merah begitu menawan. Ia mempunyai warna merah terang dengan mahkota yang panjang dan melengkung menjuntai. Kemudian tangkai benang sari yang lebih panjang dari putik menjadikannya lebih tampak seperti kaki-kaki laba-laba yang panjang. Di ujung benang sari terdapat kepala benang sari dengan serbuk sari berwarna kuning. Bunga lelabah merah biasa tumbuh tidak bersamaan setelah daun seperti tanaman berbunga pada umumnya. Bunga tanaman ini akan muncul lebih dulu, saat musimnya, kemudian ketika telah layu daun dari tanaman akan muncul.

Daun dari tanaman ini berupa daun pita yang panjang seperti halnya daun tanaman bakung-bakungan lainnya. Tanaman lily lelabah merah ini tidak mempunyai batang sejati. Ia hanya mempunyai daun yang terhubung langsung dengan umbi tanaman yang berbentuk membulat hingga oval seperti umbi bawah merah. Dari satu umbi, kemudian akan beranak atau memunculkan tunas baru. Di bawah umbi tanaman terdapat perakaran tunggang berbentuk silindris.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Semangka, Buah Dengan Kandungan Air Tinggi Yang Segar Dinikmati Saat Cuaca Panas”. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan, pengamatan, pendapat pribadi penulis dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Amaryllidaceae”. https://id.wikipedia.org/wiki/Amaryllidaceae (diakses 8 Juni 2022).

“Lycoris (Genus)”. https://id.wikipedia.org/wiki/Lycoris_(genus)

“Bakung Lelabah Merah”. https://id.wikipedia.org/wiki/Bakung_lelabah_merah

“Lycoris radiata”. https://en.wikipedia.org/wiki/Lycoris_radiata