The Unique Information From Indonesian Farmer
 

BEBERAPA STANDAR YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENILAI KAYU MAHONI BERKUALITAS

Mengetahui Dan Mengenal Ciri-ciri Dari Kayu Mahoni Yang Berkualitas Tinggi

Mahoni merupakan salah satu jenis tanaman dengan kayu yang sering digunakan untuk membuat furniture, hingga bahan bangunan. Tanaman ini bukan asli dari Indonesia, melainkan dari India. Furniture dari kayu mahoni juga dikenal lewat cat jenis duco yang bisa digunakan untuk mewarnainya. Cat ini bisa menutupi seluruh bagian furniture dengan warnanya, bahkan pori-pori kayu juga tidak nampak. Bisa dikatakan seperti sebuah furniture dari bahan plastik atau metal contohnya besi. Ciri-ciri untuk menilai kayu mahoni yang berkualitas beberapa ada yang sama dengan standar kualitas kayu lainnya, contohnya saja kayu jati. Namun untuk warna dari kayu yang menjadikannya memiliki kualitas tinggi bisa saja berbeda. Untuk mengetahui lebih jelasnya bisa membaca ciri-ciri kayu mahoni yang berkualitas dibawah ini:

  • Warna kayu mahoni yang berkualitas adalah coklat gelap. Tingkatan dari kualitas kayu ini adalah putih yang menandakan kayu masih muda. Kemudian akan berubah menjadi coklat dan akan semakin gelap ketika telah tua.
  • Tampilan kayu yang berkualitas yaitu tidak terdapat banyak luka bekas hewan seperti rayap, kutu pemakan kayu, ulat kayu hingga kumbang pemakan kayu. Ini juga bisa menjadi indikasi bahwa kayu mahoni kuat, keras dan tua.
  • Kayu mahoni yang tua juga bisa terlihat dari kulitnya yang sudah pecah-pecah dengan cekungan yang dalam dan akan tampak seperti sisik, kemudian juga akan mudah mengelupas.
  • Kayu mahoni yang berkualitas juga tidak memiliki gubal atau yang disebut dengan mata. Ini merupakan bekas dari cabang kayu yang sengaja dipotong, atau mengering dan patah. Memang bulatan serat seperti mata ini keras, dan tidak mudah dipaku. Namun, ia mudah rusak hingga terlepas dari lembaran papan atau kayu yang telah dibelah.

Demikian penjelasan singkat tentang beberapa “Beberapa Standar Yang Bisa Digunakan Untuk Menilai Kayu Mahoni Berkualitas” menurut penulis. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi ! Terima Kasih !

Referensi :

Wikipedia. “Mahoni”. https://id.wikipedia.org/wiki/Mahoni (15 Februari 2021).